Cara Wudhu yang benar menurut ajaran Rasulullah SAW

Cara Wudhu yang benar menurut ajaran Rasulullah SAW

Berwudhu atau bersuci adalah salah satu syarat sah nya shalat, dan menjadi pintu utama untuk melakukan ibadah shalat.
Sempurnanya wudhu seseorang akan mempengaruhi sah / batal nya ibadah shalat seorang muslim.
Adapun Nabi SAW mengajarkan melalui hadist beliau mencontohkan wudhunya seseorang yang seperti wudhu ku, akan menghapuskan dosa - dosa bagaikan jatuhnya air wudhu tersebut sampai dengan titikan tetes terakhir.

Di riwayat lain disebutkan bahwa Nabi SAW akan menemukan umatnya yaitu umat Islam ini di hari kebangkitan nanti dengan tanda pada mereka, yaitu bagaikan gerombolan kuda tetapi terdapat warna putih di ke empat kakinya maka sangat mudah mengenali kuda - kuda tersebut. Itulah perumpamaan
cara mengenali umat Muhammad SAW di hari kebangkitan kelak, yaitu bagian tubuh yang digunakan untuk berwudhu akan memancarkan sinar kelak.

Tata cara berwudhu yang diajarkan Rasulullah SAW adalah dengan pertama - tama berniat untuk wudhu/bersuci, kemudian mendahulukan anggota badan sebelah kanan.

Pertama, diawali dengan membasuh area telapak tangan dengan cara tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan bagian luar(tempat biasa menaruh jam tangan) sambil di usap ke atas menuju jari - jari.
Kemudian berbalik kedalam di area telapak tangan turun hingga kembali pada pergelangan tangan bagian dalam, lalu silangkan jari kedua tangan ke sela-sela jari.

                                  (ulangi rangkaian sebanyak 3x kanan setelah itu kiri)

Kedua, yaitu berkumur dengan cara menampung air di telapak tangan kanan lalu menyesap air tersebut dan sisakan sedikit untuk di hirup menggunakan lubang hidung. Berkumur dengan air di dalam mulut sambil mendorong keluar air yang baru saja di hirup hidung dengan kuat (seperti mengeluarkan ingus) dengan tangan kiri baru kemudian keluarkan air dari mulut (ulangi rangkaian 3x)

Ketiga, yaitu membasuh wajah dengan cara menampung air di kedua tangan lalu mengusapkan air pada wajah, pastikan jari tangan menyentuh daerah batas rambut dengan wajah/dahi lalu putar jari-jari dari
batas rambut menuju dagu, gunakan pergelangan sebagai poros, kemudian masukkan jari ke sela-sela jenggot.
                                                                    (ulangi rangkaian 3x)

Keempat, Membasuh lengan sampai dengan siku dengan cara mendahulukan lengan kanan. Sentuh siku bagian luar lengan kanan dengan tangan kiri lalu usap ke atas hingga jari, kemudian putar ke bagian dalam hingga terbasahi seluruh area siku hingga jari bagian luar dan dalam.
                                                (ulangi sebanyak 3x kanan lalu kiri)

Kelima, Membasahi kepala dengan cara menampung air dengan kedua tangan lalu mulai mengusap area kepala dimulai dari batas rambut dengan dahi hingga pangkal leher / batas rambut kemudian kembali ke atas menuju awal batas rambut dengan dahi, kemudian masukkan kedua telunjuk ke masing-masing telinga kanan dan kiri lalu gunakan ibu jari untuk mengusap bagian belakang telinga dari bawah keatas hingga terbasahi seluruh daun telinga. (lakukan rangkaian ini sekali saja)

Keenam, Membasuh kaki dengan cara mengaliri air ke bagian kaki hingga mata kaki, usahakan sampai betis. Kemudian seka bagian sela-sela jari kaki menggunakan jari tangan. (lakukan rangkaian 3x)

Rangkaian wudhu telah selesai, jangan lupa ucapkan doa setelah berwudhu. Semoga manfaat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMBOL TANDA BAHAYA, NFPA, MSDS

Menjadi seorang compliance

Menjadi Seorang GA / General Affair / Umum